Cara Kontraktor Rumah Menghitung RAB Bangun Rumah

Kontraktor Rumah

Rancangan Anggaran Biaya atau biasa dusebut sebagai RAB adalah sebuah anggaran yang harus diperhitungkan suoaya bisa tahu harga dari keseluruhan luas, lebar, juga harga yang akan dikeluarkan saat ingin membangun suatu proyek. Biasanya RAB ini sudah disediakan oleh jasa kontraktor rumah bila kalian menggunakan jasa mereka, tapi jika tidak siap-siap saja mengalami kerugian yang tinggi dan bisa membuat kalian stress.

Cara menghitung RAB ini memiliki dua metode, ada dari metode luas (m2) yang akan memudahkan kalian dalam mengefisiensikan waktu, namun untuk ketelitian lebih baik mneggunakan metode kedua, yaitu menghitung dengan harga satuan bangunan yang akan kalian butuhkan dalam menggunakan jasa kontraktor rumah.

Perhitungan dengan metode luas (m2) bangunan

Dalam perhitungan metode ini para pemberi jasa kontraktor rumah biasanya dipakai dalam kondisi cukup yang tidak terlalu rumit, maksudnya membangun proyek dalam level rendah seperti rumah-rumah untuk kontrakan, dan lain sebagainya yang masih termasuk ke dalam level dari jasa kontraktor rumah. PAra kontraktor pun dengan siap sedia bila dibutuhkan akan membuat RAB dengan metode ini.

Admin ambil satu studi kasus untuk metode ini, misalnya diantara kalian ada yang membutuhkan jasa kontraktor untuk membangun rumah dengan ukuran 12 m2 x 10 m2, kemudian kalian cari berapa untuk harga per m2 dalam skala nasional atau dalam skala kota. Diperkiraan harga untuk per m2 adalah Rp 3.000.000, maka perhitungan untuk keseluruhannya adalah:

  • Luas bangunan = 12 x 10 = 120 m2
    RAB bangunan keseluruhan = 120 m2 x 3.000.000 = Rp 360.000.000 ( Tiga Ratus Enam Puluh Juta Rupiah)

Cukup mudah bukan? Itu untuk menghitung RAB dengan metode luas (m2) bangunan. Dalam menghitung dengan metode ini, cukup mencari dua informasi inti saja, yaitu harga dan luas. Tapi pastinya segala sesuatu itu tidak sempurna dan memiliki kekurangan bukan? Mari simak dibawah ini kelebihan serta kekurangannya:

Kelebihan

  • Data yang dibutuhkan untuk kontraktor rumah tidak terllau banyak, jadi bisa secepat mungkin langsung mengerjakan pekerjaan proyek kalian.
  • Metode ini bisa digunakan oleh masyarakat umum yang belum faham mengenai seluk-beluk tentang ilmu anggaran biaya bangunan.

Kekurangan

  • Tingkat ketelitian masih jauh dari metode lain yaitu metode harga satuan
  • Tidak bisa dijadikan patokan untnuk kontraktor rumah dan pembuat rencana proyek untuk biaya pembelian material serta bahan-bahan bangunan.
  • Hal ini tidak bisa dijadikan sebagai kontrak kerja konstruksi untuk kontraktor rumah yang kalian sewa jasanya.

Sudah jelas kan dalam metode RAB satu ini? Kalian harus bisa menghitung lagi harga satuannya, tapi bila masih bingung boleh menanyakan solusi terbaik dari jasa kontraktor rumah yang kalian sewa. Karena jasa kontraktor rumah profesional memiliki akademik terbaik di bidangnya dan juga mengetahui apapun tentang perkembangan bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.